Kamis, 03 April 2014

Penilaian: Tugas Proyek Siswa



Proyek adalah penugasan yang diberikan oleh guru berupa serangkaian kerja yang dikerjakan di luar waktu pembelajaran dan dalam waktu tertentu ( 6 minggu) -) bisa dipresentasikan saat pertemuan bagaimana perkembangannya. 

Manfaat:


  • ·         Memberi kesempatan siswa mengintegrasikan berbagai kompetensi bahkan kompetensi lintas kurikulum

  • ·         Mendorong sisiwa mencapai kompetensi yang bersifat prose dan aplikasi
  • ·         Mendorong siswa untuk bekerja secara kelompok di luar pengajaran
  • ·         Mendorong siswa peka terhadap permasalahan di masyarakat
  • ·         Membiasakan meneliti sejak dini
Kendala:
  • ·         Kurang sarana dan sumber acuan bagi guru
  • ·         Kurang kemampuan siswa dalam kerja ilmiah
  • ·         Memerlukan waktu yang cukup panjang
  • ·         Memerlukan biaya
Tips Memberi Proyek
  • ·         Mulai dengan proyek sederhana, Contoh 

Bagaimana mengelola proyek
  • ·         Menentukan kelompok
  • ·         Menentukan topic untuk tiap kelompok
  • ·         Menyusun jadwal
  • ·         Mengkomunikasikan hasil melalui pameran
  • ·         Melakukan penilaian
  • ·         Harus ada rubric untuk menilai
Tipe-tipe proyek IPA:

  • ·         Eksperimen: dimulai pertanyaan, hipotesis, menguji variable, merekam dat dan menganalisa hasil contoh: meneliti semut takut panas apda suhu berapa
  • ·         Inovasi: mendesain barang atau proses untuk memecahkan masalah tertentu, mencoba-coba, merekam data dan menganalisa hasil
  • ·         Kajian: dimulai dari pertanyaan, menyatakan hipotesis, pengamatan  di alam atau analisa data yang ada, meekam hasil dan menyimpulkan.
Bagaimana merangsang siswa melakukan proyek

  • ·         Menunjukan contoh pemenang lomba karya ilmiah
  • ·         Memasang berita-berita ilmiah di majalah dinding
  • ·         Membantu siswa menemukan sumber acuan
  • ·         Merangsang siswa membuat pertanyaan yang menantang

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • ·         Keselamatan dan kesopanan. Pernah terjadi di amerika siswa SD mau mebuat proyek bom. Atau siswa meembuat penilaian hubungan guru killer dengan jumlah kumis.
  • ·         dukungan sumber acuan
  • ·         Pengelolalaan waktu dan jadwal
  • ·         Rubric penilaian
  • ·         Mengusulkan ikut olimpiade kalau hasil sangat baik

Indikator yang bisa dinilai:
  • ·         Keaslian
  • ·         Kreativitas
  • ·         Proses sains dan pemikiran sains
  • ·         Ketepatan data dan kesimpulan
  • ·         Tampilan laporan atau ppajangan
  • ·         Presentasi
Saran dosen saya:
  • ·         Untuk awal-awal beri judul dulu
  • ·         Kalau sudah terbiasa, maka minta mereka buat ide sendiri
  • ·         Maksimal semester 1 kali
  • ·         Tidak hanya sekedar membuat alat tapi juga kajian pustaka juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar